Serangan Israel dalam Sehari, 34 Orang Wafat Termasuk 9 Anak

0

Serangan Israel dok.anadoluagency

GAZA — Serangan udara Israel di beberapa wilayah Jalur Gaza selama 24 jam terakhir telah menewaskan sedikitnya 34 warga Palestina, termasuk sembilan anak-anak. Dalam sebuah pernyataan pada Kamis (19/9/2024), juru bicara Pertahanan Sipil Gaza Mahmoud Basal memberikan informasi tentang serangan Israel yang sedang berlangsung.

Melansir laman Anadolu Agency semenjak 7 Oktober 2023, serangan udara Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 41.272 warga Palestina, termasuk 16.795 anak-anak dan 11.378 wanita, sementara 95.551 orang terluka. Ribuan orang dilaporkan masih terjebak di bawah reruntuhan.

Penargetan Israel yang terus berlanjut terhadap rumah sakit, sekolah, dan infrastruktur sipil lainnya juga menyebabkan kerusakan yang meluas pada layanan penting.

Sementara itu Pelapor khusus PBB untuk hak asasi manusia atas air minum yang aman dan sanitasi, Pedro Arrojo-Agudo mengatakan pada Senin (16/9/2024) militerisasi air Israel di Wilayah Palestina yang Diduduki merupakan bagian dari kebijakan apartheid air dan teritorial.

“Selain itu, Israel telah memblokir 70 persen material yang dibutuhkan untuk membangun dan mengoperasikan pabrik pengolahan limbah sebagai guna ganda, mencegah pengolahan limbah yang tepat, yang telah menyebabkan kontaminasi tinja progresif pada air tanah,” kata dia.

Dia turut memperhatikan bahwa penduduk Gaza hidup dengan rata-rata 4,7 liter air per orang per hari. Kemudian mengingatkan bahwa jumlah tersebut jauh di bawah persyaratan minimum yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia dalam keadaan darurat sebanyak 15 liter.

Arrojo-Agudo mengatakan, satu-satunya sumber air tawar alami adalah akuifer pesisir. Dia mengatakan, penduduk Gaza yang berjumlah 2,3 juta jiwa terpaksa memompa air tiga kali lebih banyak daripada yang diterima akuifer melalui pengisian ulang alami, yang mengakibatkan intrusi laut dan salinisasi yang intens.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *