Perluas Pemukiman, Brazil Kecam Israel

0

dok.anadoluagency

SAO PAULO — Kementerian Luar Negeri Brazil mengeluarkan pernyataan pada Selasa (9/7/2024) yang mengecam rencana Israel untuk memperluas pemukiman di Tepi Barat yang diduduki. Brazil menyebutnya sebagai pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional.

Melansir laman Anadolu Agency, Kementerian tersebut mengatakan pemerintah Brazil menyesali keputusan sewenang-wenang Israel pada 27 Juni untuk memperluas pemukiman ilegal. Kemudian menambahkan bahwa hal tersebut merupakan ancaman terhadap solusi dua negara terhadap konflik Israel-Palestina dan pembentukan perdamaian abadi di wilayah tersebut.

Brazil juga menegaskan kembali dukungannya terhadap solusi dua negara dalam perbatasan 1967 yang mencakup Jalur Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Di samping itu, Kabinet Israel pekan lalu menyetujui langkah-langkah yang diusulkan oleh Menteri Keuangan sayap kanan Bezalel Smotrich. Hal itu bertujuan untuk melegalkan pos-pos pemukiman di Tepi Barat dan menjatuhkan sanksi terhadap Otoritas Palestina.

Sementara Otoritas penyiaran resmi Israel, KAN, melaporkan pada 28 Juni bahwa Kabinet Keamanan Israel menyetujui rencana Smotrich untuk menentang pengakuan negara Palestina dan tindakan terhadap Israel di pengadilan internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *