Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Wafat dalam Serangan Israel

0

dok.anadoluagency

TEHERAN — Kelompok perlawanan Palestina Hamas mengumumkan pada Rabu (31/7/2024) pagi bahwa kepala biro politiknya Ismail Haniyeh wafat dalam serangan udara Israel yang menargetkan kediamannya di ibu kota Iran, Teheran.

“Hamas berduka cita kepada rakyat Palestina yang agung, kepada negara-negara Arab dan Islam, dan kepada semua orang merdeka di dunia, sang syahid, Mujahid Ismail Haniyeh, kepala gerakan tersebut, yang meninggal dalam serangan berbahaya Zionis di kediamannya di Teheran setelah berpartisipasi dalam upacara pelantikan presiden baru Iran,” katanya dalam sebuah pernyataan di Telegram, dikutip dari laman Anadolu Agency.

Di samping itu, Televisi pemerintah Iran juga melaporkan kematian Haniyeh, dengan menyatakan bahwa penyelidikan atas pembunuhan tersebut sedang berlangsung dan hasilnya akan segera diumumkan. Sementara itu, belum ada pengumuman langsung yang dibuat oleh Israel terkait insiden tersebut.

Adapun Israel telah melanjutkan kampanye militer yang menghancurkan di Jalur Gaza semenjak 7 Oktober lalu, menyusul serangan Hamas. Zionis tetap melakukan penyerangan, meskipun ada resolusi Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Selama serangan itu, rumah sakit secara sistematis menjadi sasaran serangan Israel di seluruh daerah kantong itu. Menurut otoritas kesehatan setempat, 39.400 orang telah meninggal,dan hampir 91 ribu lainnya terluka.

Selama sembilan bulan perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur di tengah blokade yang melumpuhkan terhadap makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Sementara Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang putusan terakhirnya memerintahkan Tel Aviv untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah. Adalah tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum kota itu diserbu pada 6 Mei.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *