Kemeriahan Pembukaan Olimpiade Paris 2024

0

Olimpiade 2024 dok.anadoluagency

PARIS — Olimpiade Paris 2024 resmi dimulai dengan upacara pembukaan di Sungai Seine pada Jumat (26/7/2024). Kemeriahan pembukaan Olimpiade Paris 2024 diramaikan oleh 300 ribu penonton.

“Prolog. Kita harus membawa kembali Obor Olimpiade ke Paris,” tulis situs web resmi Paris 2024 di X.

“Obor itu tiba secara tidak sengaja di Stade de France. Obor itu ditunggu oleh ribuan atlet dan penonton di Sungai Seine. Terima kasih, Zinedine Zidane,” lanjutnya.

Sejumlah tokoh penting yang hadir dalam pembukaan Olimpiade Paris 2024 di antaranya, termasuk Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, dan lain-lain. Upacara tersebut dimeriahkan oleh kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga Turki Osman Askin Bak, bersama Hasan Arat, anggota dewan eksekutif EOC, atau Komite Olimpiade Eropa dan Presiden Klub Sepak Bola Besiktas.

Paris 2024 menandai pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade Musim Panas bahwa upacara pembukaan diadakan di luar stadion. Delapan puluh lima perahu berlayar dari bawah Jembatan Austerlitz, masing-masing membawa atlet dari 204 negara dan Tim Olimpiade Pengungsi di bawah arahan artistik sutradara dan aktor Prancis Thomas Jolly.

Mereka memulai parade sepanjang empat mil (enam kilometer) di sepanjang Sungai Seine, yang berpuncak di Pont d’Iéna (Jembatan Jena) tempat Menara Eiffel berdiri.

Perahu-perahu tersebut mengarungi Sungai Seine, melewati beberapa tempat bersejarah dan wisata paling ikonik di Paris. Perjalanan tersebut meliputi pemandangan Katedral Notre Dame, Balai Kota Paris, Museum Louvre, Taman Tuileries, Monumen Les Invalides, Grand Palais, dan Menara Eiffel, yang memamerkan warisan budaya kota yang kaya.

Meskipun hujan, upacara pembukaan dihadiri oleh sekitar 300 ribu penonton yang diawali dengan serangkaian acara yang menyoroti warisan sejarah dan budaya Prancis yang kaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *