Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Terkahir di IKN

0

Presiden RI Joko Widodo memimpin langsung Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024), sekitar pukul 09.00 WITA dok.kemhan

JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo memimpin langsung Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024), sekitar pukul 09.00 WITA. Jokowi menyatakan bahwa sidang ini adalah sidang kabinet terakhir dari Kabinet Indonesia Maju.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk kerja keras, dedikasi dari Bapak/Ibu semuanya dalam menjalankan pemerintahan, dalam melaksanakan program dan visi Presiden dan Wakil Presiden dalam menghadapi berbagai tantangan-tantangan yang ada,” kata Jokowi, dikutip dari laman Kementerian Pertahanan.

Sidang Kabinet Paripurna ini berisi arahan Presiden tentang Persiapan Transisi Pemerintahan dan Laporan Akhir dari para Menteri Koordinator yang mewakili para Menteri yang di bawah koordinasinya.

Menjelang berakhirnya masa tugas Pemerintahan Kabinet Indonesia Maju pada 20 Oktober 2024, Presiden menegaskan agar di bulan terakhir ini digunakan untuk segera menuntaskan program kerja utama, baik yang berkaitan dengan serapan, administrasi pertanggungjawaban, serta kendala-kendala yang belum terselesaikan.

Jokowi juga meminta agar semua mendukung penuh program pemerintahan ke depan, serta memastikan transisi pemerintahan nantinya berjalan efektif.

“Jika diperlukan regulasi baru, jika diperlukan perumusan-perumusan kebijakan yang harus segera dibuatkan, segera buat dan segera selesaikan,” kata Presiden RI.

“Jaga situasi yang kondusif. Kita butuh stabilitas untuk tetap tumbuh, melakukan pembangunan, sehingga pastikan jangan sampai ada riak-riak, gejolak sampai pemerintahan berikutnya terbentuk,” lanjut Presiden.

Turut hadir dalam sidang tersebut para Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Staf Kepresidenan, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN dan Deputi Bidang Dukungan Kerja Kabinet Sekretariat Kabinet.

Sebelumnya Jokowi juga memberikan pengarahan kepada para pejabat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), pada Kamis (12/9/2024) di Ruang Nusantara, Istana Negara, IKN. Dalam arahannya, Kepala Negara menegaskan pentingnya transformasi IKN sebagai simbol kemajuan dan masa depan Indonesia.

“Saya ingin saudara-saudara semuanya melihat IKN, melihat progres kota masa depan itu seperti apa? Melihat semangat transformasi itu seperti apa? Agar apa? Agar semangat transformasi yang ada itu bisa Bapak/Ibu bawa pulang ke daerah, ke wilayah untuk dikembangkan di daerah masing-masing,” kata Jokowi.

Presiden menyampaikan bahwa pembangunan IKN tidak hanya berfokus pada perpindahan fisik gedung pemerintahan, tetapi mencerminkan perubahan pola pikir, budaya kerja, serta semangat untuk menghadapi tantangan masa depan. Presiden juga menyoroti pentingnya peran IKN dalam mengarahkan Indonesia menuju keberlanjutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *