Jamaah Haji Bermalam di Muzdalifah

0

dok.saudigazette

MUZDALIFAH — Para jamaah haji memulai prosesi bermalam di Muzdalifah setelah dari Arafah pada Sabtu (15/6/2024).

Melansir laman Saudi Gazette, setelah magrib pada Sabtu, jamaah haji mulai menuju Muzdalifah. Mereka berjalan dengan tertib, tenang dan bermartabat membacakan talbiyah yang banyak untuk bermalam di Muzdalifah. Pergerakan jamaah haji terlaksana dengan lengkap berkat layanan terpadu yang telah disiapkan pemerintah Saudi.

Setibanya di Muzdalifah, mereka melaksanakan salat Maghrib tiga rakaat dan salat Isya dua rakaat pada waktu Isya, digabung dan diperpendek. Hal ini mengikuti Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Para jamaah bermalam di Muzdalifah, setelah itu mereka akan menuju Mina setelah salat subuh pada Ahad (16/6/2024) hari pertama Idul Adha. Jamaah akan melempar kerikil ke Jamarat Al-Aqabah dan melakukan ritual pengorbanan. Seluruh jamaah haji wajib melaksanakan salat Subuh di Muzdalifah kecuali jamaah lemah dan wanita, mereka diperbolehkan berangkat setelah tengah malam.

Para jamaah harus melakukan empat ritual utama pada Ahad yang dikenal sebagai Hari Kurban. Saat itu umat Islam selain jamaah haji mulai merayakan hari raya Idul Adha.

Setelah mencapai Mina dari Muzdalifah, mereka melempar jumrah di Jamarat Al-Aqba, berkurban, mencukur kepala mereka dan kemudian berangkat ke Makkah untuk melakukan Tawaf Al-Ifada dan Sai’, dua rukun haji lainnya. Dalam dua atau tiga hari sisa haji, satu-satunya ritual yang dilakukan adalah melempar jumrah pada masing-masing tiga Jamarat.

Adapun haji merupakan pertemuan keagamaan terbesar di muka bumi. Prosesi haji secara resmi dimulai pada Jumat (14/6/2024) ketika jamaah berpindah dari Masjidil Haram Makkah ke Mina, sebuah dataran gurun di luar kota yang dipenuhi tenda-tenda ber-AC.

Pihak berwenang Saudi memperkirakan jumlah jamaah haji tahun ini akan melebihi dua juta. Hal ini mendekati jumlah sebelum pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *