Jalan di Yordania Bakal Diberi Nama Ismail Haniyeh

0

dok.anadoluagency

KERAK — Jalan utama di kota Kerak, Yordania selatan, akan segera diberi nama Jalan Syuhada Ismail Haniyeh. Jalan tersebut terletak di dekat Jalan Syuhada Saddam Hussein.

Melansir laman Middle East Monitor, Pemerintah Kota Kerak telah memutuskan untuk memberi nama jalan utama dengan nama kepala biro politik Hamas, Haniyeh, setelah ia dibunuh pada pekan ini. Keputusan ini mungkin akan menghadapi tentangan dari pemerintah karena menandakan hubungan dengan gerakan perlawanan Palestina Hamas.

Sementara itu di kota Salt, Yordania penduduk membagikan kopi kepada pengunjung, turis, dan orang yang lewat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap Haniyeh.

Di samping itu, di ibu kota Amman, beberapa kandidat politik mendirikan tenda untuk menerima belasungkawa setelah disebut mereka ibarat kehilangan bangsa. Sementara Ikhwanul Muslimin, tempat Haniyeh berasal, menyerukan warga untuk berpartisipasi secara terbuka dalam memperingati Haniyeh.

Di sisi lain, Pemerintah Yordania belum mengeluarkan pernyataan yang menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Palestina atau Hamas atas pembunuhan Haniyeh. Namun, Kementerian Luar Negeri mengutuk upaya pembunuhan terhadap korban tersebut.

Adapun Jenazah Ismail Haniyeh tiba pada Kamis (1/8/2024) di ibu kota Qatar, Doha, dari Iran dan dimakamkan pada Jumat (2/8/2024).

Sebelumnya prosesi pemakaman Ismail Haniyeh juga diadakan pada Kamis pagi di ibu kota Iran, Teheran. Sejumlah besar pelayat dan pejabat yang berpartisipasi, termasuk Presiden Iran Masoud Pezeshkian.

Kelompok perlawanan Palestina dan Iran mengumumkan pembunuhan Ismail Haniyeh dalam serangan udara Israel pada Rabu (31/7/2024) pagi yang menargetkan kediamannya di Teheran. Peristiwa pembunuhan terjadi satu hari setelah ia menghadiri pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *