Ini Perdana Menteri Inggris yang Baru

0

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer dok.thenational

LONDON — Keir Starmer menjadi perdana menteri Inggris terpilih pada Jumat (5/7/2024). Hal ini terjadi setelah Partai Buruhnya meraih kemenangan telak dalam pemilihan umum.

“Di seluruh negara kita, masyarakat akan sadar akan berita bahwa suatu beban telah terangkat, beban yang akhirnya telah diangkat dari pundak bangsa ini,” kata Starmer dikutip dari laman nytimes.

Ia mengatakan, bahwa negara tersebut memiliki peluang setelah 14 tahun untuk mendapatkan kembali masa depannya. Starmer menggantikan Rishi Sunak, yang menjabat kurang dari dua tahun lalu.

Mantan pengacara hak asasi manusia berusia 61 tahun ini telah memimpin perubahan haluan yang luar biasa bagi Partai Buruh. Partai tersebut beberapa tahun lalu mengalami kekalahan pemilu terburuk sejak 1930an.

Adapun Starmer dibesarkan di keluarga kelas pekerja sayap kiri di Surrey, di luar London. Dia disebut tidak dekat dengan ayahnya, sementara ibunya, seorang perawat, menderita penyakit yang melemahkan yang membuatnya harus keluar masuk rumah sakit. Starmer menjadi lulusan perguruan tinggi pertama di keluarganya, belajar pertama di Universitas Leeds, dan kemudian hukum di Oxford.

Namanya diambil dari nama Keir Hardie, seorang anggota serikat buruh Skotlandia yang merupakan pemimpin pertama Partai Buruh. Sebagai seorang pengacara muda, dia mewakili pengunjuk rasa yang dituduh melakukan pencemaran nama baik oleh McDonald’s. Dia kemudian menjadi kepala jaksa penuntut Inggris dan dianugerahi gelar ksatria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *