Ganjaran Menunggu Waktu Salat Tiba

0

dok.seekersguidance

JAKARTA — Terdapat pahala yang besar bagi muslim yang menunggu datangnya waktu salat. Hal ini telah disampaikan dalam hadits Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Seperti dikutip dari Sunnah dan Zikir Harian Nabi Shallallahu alaihi wasallam, Dalilnya adalah Hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam pernah bersabda,

“Seorang di antara kalian sudah dianggap sedang dalam salat selama salat menahannya (di dalam masjid), tidak ada hal lain yang membuatnya kembali kepada keluarganya kecuali pelaksanaan salat tersebut.” (HR. Bukhari no.659, dan Muslim no.649)

Maksudnya, ia masih tetap ditulis sebagai orang yang sedang salat saat ia menunggu waktu shalat fardhu lain tiba.

Diriwayatkan pula, dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam pernah bersabda, “Para malaikat akan selalu memanjatkan doa untuk seorang di antara kalian selama ia masih berada di tempat salatnya, selama in tidak berhadats. Mereka terus berdoa, “Ya Allah ampuni dia, ya Allah rahmati dia.” Seorang di antara kalian sudah dianggap sedang dalam salat selama salat menahannya (di dalam masjid), tidak ada hal lain yang membuatnya kembali kepada keluarganya kecuali pelaksanaan salat tersebut.” (HR. Bukhari no.659, dan Muslim no.649).

Yang dimaksud dengan tidak berhadats pada hadits di atas adalah, tidak batal wudhunya.

Pada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim disebutkan, “Selama ia tidak menyakiti dan tidak berhadats di sana.” (HR. Muslim no.649).

Artinya, pahala tersebut akan terus mengalir dengan syarat ia tidak menyakiti siapapun di tempat duduknya itu dan tidak pula batal wudhunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *