Pemakaman muslim di Baqi dok.istock

JAKARTA — Muslim dianjurkan untuk membaca doa ziarah kubur sesuai sunnah ketika berada di pemakaman. Doa ini juga mengingatkan kaum muslim bahwa mereka nantinya akan berada di tempat yang sama, alam kubur.

Dikutip dari buku Shalat Jenazah karya Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al Jibrin, berikut bacaan doa ziarah kubur yang dibaca:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ، وَإنَّا إنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لاَحِقُونَ

As salaamu ‘alaikum daara qaumin mukminiina wa innaa insyaa Allaahu bikum laahiquun

Salam kesejahteraan bagi kamu wahai penghuni kediaman kaum mukminin, kami insya Allah akan menyusul kalian.” (HR. Muslim). 

Berdasarkan perintah Rasulullah ﷺ, seorang muslim wajib menghindarkan diri dari pengagungan kuburan, mencari berkah dari kuburan, atau mengusap-usapnya (sebagai pengagungan dan mencari berkah), karena perbuatan tersebut adalah wasilah (pengantar) kepada dosa syirik. 

Disunnahkan berziarah kubur bagi kaum lelaki, untuk mendoakan para penghuni kubur dan mengambil pelajaran. Dalam hal ini Rasulullah ﷺ bersabda: 

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ فَزُوْرُوْهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمُ اْلآخِرَةَ

“Dahulu aku melarang kalian untuk berziarah kubur, tetapi sekarang berziarahlah karena hal itu akan mengingatkan kalian kepada akhirat.” (HR. Muslim)

Terdapat keutamaan bagi muslim yang berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, sedangkan apabila muslim enggan berdoa kepada-Nya, maka dia akan dimurkai oleh Allah Ta’ala. 

Rasulullah shallallahu’alaihwasallam menjelaskan,

 مَنْ لَمْ يَدْعُ اللهَ، غَضِبَ اللهُ عَلَيْهِ 

“Barang siapa yang tidak berdoa kepada Allah, niscaya Allah akan murka padanya”. HR. Ahmad dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu. Syaikh al-Albany menilai hadits ini hasan.

Adapun doa merupakan bentuk ibadah. Allah ta’ala berfirman,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: “Rabb kalian berkata, “Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Kukabulkan. Sesungguhnya orang-orang yang sombong (enggan) beribadah kepada-Ku, niscaya mereka akan masuk ke dalam neraka dengan hina dina”. (QS. Ghafir ayat 60)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *