dok.unsplash

JAKARTA — Terdapat doa yang dapat dipanjatkan muslim agar dicukupkan dirinya dengan segala kehalalan. Doa dicukupkan dengan yang halal pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Berikut doa dicukupkan dengan yang halal,

اللَّهمَّ اكْفِني بحلالِكَ عَن حَرَامِكَ، وَاغْنِني بِفَضلِكَ عَمَّن سِوَاكَ

ALLAAHUMMAKFINII BIHALAALIKA ‘AN HARAAMIK, WA AGHNINII BIFADHLIKA ‘AMMAN SIWAAK

(Ya Allah, cukupkanlah aku dengan kehalalan-Mu dari
mencari yang haram, dan berikanlah kepadaku kecukupan
dengan karunia-Mu sehingga tidak butuh kepada
selain-Mu)

Dikutip dari Kumpulan Doa Lengkap Untuk Kebutuhan Hamba Allah terjemahan Abu Zur’ah, Dalilnya ialah

ألا أُعلِّمك كلمات، لو كان عليك مثل جبل صيرٍ دَيْنًا أدَّاه الله عنك؟ قال: قل: اللهم اكفني بحلالك عن حرامك، وأغنني بفضلك عمَّن سواك

Dari Ali radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata kepadanya: “Maukah aku ajarkan kepadamu beberapa kalimat, seandainya engkau memiliki hutang sebesar gunung Shir niscaya Allah akan membayarkannya untukmu? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ucapkanlah: ALLAAHUMMAKFINII
BIHALAALIKA ‘AN HARAAMIK, WA AGHNINII BIFADHLIKA ‘AMMAN SIWAAK
(Ya Allah, cukupkanlah aku dengan kehalalan-Mu dari mencari yang haram, dan berikanlah kepadaku kecukupan dengan karunia-Mu sehingga tidak butuh kepada selain-Mu).”

HR. At-Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah (266).

Terdapat keutamaan bagi muslim yang berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, sedangkan apabila muslim enggan berdoa kepada-Nya, maka dia akan dimurkai oleh Allah Ta’ala.

Rasulullah shallallahu’alaihwasallam menjelaskan,

مَنْ لَمْ يَدْعُ اللهَ، غَضِبَ اللهُ عَلَيْهِ

“Barang siapa yang tidak berdoa kepada Allah, niscaya Allah akan murka padanya”. HR. Ahmad dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu. Syaikh al-Albany menilai hadits ini hasan.

Adapun doa merupakan bentuk ibadah. Allah ta’ala berfirman,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: “Rabb kalian berkata, “Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Kukabulkan. Sesungguhnya orang-orang yang sombong (enggan) beribadah kepada-Ku, niscaya mereka akan masuk ke dalam neraka dengan hina dina”. (QS. Ghafir ayat 60)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *