Damri Terima Modal Rp 1 Triliun pada 2025

0

dok.damri

JAKARTA — Damri telah disetujui sebagai salah satu penerima Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk anggaran 2025. Dalam Rapat Kerja Komisi VI DPR RI bersama Menteri BUMN yang digelar di Jakarta pada Rabu (10/7/2024), Damri disetujui menerima PMN sebesar Rp 1 triliun.

“Terwujudnya peremajaan bus angkutan perintis akan membuka akses bagi masyarakat sehingga meningkatkan konektivitas di kawasan 3TP, membuka peluang pertumbuhan ekonomi, hingga pendidikan daerah melalui kemudahan pergerakan bagi manusia dan barang,” ungkap Corporate Secretary Damri Chrystian R. M. Pohan, dikutip dari laman Kabar BUMN.

Dana tersebut akan diproyeksikan Damri untuk pengadaan bus listrik serta peremajaan bus angkutan perintis di wilayah Tertinggal, Terluar, Terdepan, Perbatasan (3TP). Pohan menjelaskan PMN sebesar Rp 1 triliun yang diberikan kepada Damri akan alokasikan membeli alat produksi untuk dioperasikan di jalur perintis dan koridor PT Transportasi Jakarta.

Di samping itu, peremajaan bus angkutan perintis menggunakan dana PMN senilai Rp 490 miliar, sedangkan untuk pengadaan bus listrik senilai Rp 510 miliar. Pohan melanjutkan bahwa dana PMN tersebut juga diperuntukan pengadaan bus listrik dalam rangka mendukung program pemerintah menghasilkan Net Zero Emissions.

“Dengan memiliki bus listrik melalui penerimaan PMN turut memperkuat upaya Damri dalam mengakselerasi pemulihan kinerja perusahaan secara bertahap karena memiliki nilai tambah yang cukup besar,” kata Pohan.

Alokasi ini merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada BUMN yang mendapat amanah mengembangkan inovasi sarana transportasi umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *