Masjid Istiqlal Distribusikan Daging Kurban pada 25.000 Jiwa

0

dok.masjidistiqlal

JAKARTA — Masjid Istiqlal melakukan penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Masjid Istiqlal, Selasa, 18/6/2024). Daging kurban didistribusikan pada 25 ribu jiwa.

“Hari ini kami sudah memulai penyembelihan hewan kurban, dimulai dengan sapi bapak Presiden RI Joko Widodo dan dilanjutkan dengan sapi dari Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin,” kata Kabid Riayah BPMI Dr. Ismail Cawidu, dikutip Dark laman resmi Masjid Istiqlal.

“Ada 60 ekor sapi, dan 12 kambing, dan akan didistribusikan kepada 25.000 jiwa (dari 225 proposal yang mengajukan). Kita berusaha untuk membagi secara profesional dan semoga mereka bisa mendapatkan semuanya,” lanjut Ismail.

Daging kurban akan didistribusikan ke masyarakat daerah sekitar Istiqlal, masjid, mushola, pesantren di Jabodetabek. Penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal dipantau oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan Dan Pertanian, sejak sebelum dipotong hingga hari pemotongan.

“Untuk tahun ini yang kami prioritaskan adalah rumah tahfidz, anak yatim, dan yang kami antarkan adalah masyarakat yang bertetangga dengan Istiqlal seperti Gg. Wahidin, Gg. Kingkit. Untuk yang proposal, kami telepon dan mereka akan datang ke sini untuk mengambil,” kata Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban KH Abu Hurairah Abd. Salam.

Sebelumnya Masjid Istiqlal telah menerima kurban sapi dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, pada Jumat (14/6/2024) sore. Sapi dari Presiden Jokowi berjenis Simental dengan bobot 1.192 kilogram. Sementara sapi dari Wapres Ma’ruf Amin berjenis Limosin yang beratnya mencapai 1.164 kilogram.

Penyerahan kurban sapi diserahkan oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden RI, Sony Kartiko dan Plh Kepala Biro Perencanaan Keuangan Wakil Presiden RI, Purno Wiyanto.

“Kami serahkan sapi bantuan kemasyarakatan presiden ini kepada Istiqlal, kiranya juga dapat dilakukan pengelolaan termasuk penyembelihan dan pendistribusian daging kurban kepada masyarakat. Kami harapkan bantuan kemasyarakatan presiden ini dapat memberi kebermanfaatan bagi masyarakat,” kata Sony.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *