Doa Pengahapus Dosa Sebelum Tidur

0

JAKARTA — Terdapat sebuah doa yang dapat dibaca umat islam sebelum tidur, dan akan menjadi penghapusan dosa bagi seorang hamba.

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda,

“Barangsiapa yang membaca ketika dia beranjak ke tempat tidurnya :

لاَ إلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ للهِ، وَلاَ إلٰهَ إلاَّ اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ

Laa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lah lahulmulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in Qadiir. Laa haula wa laa quwwata illaa billaah. Subhaanallah, wal hamdulillaah, wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar

“Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah semata. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya segala Kerajaan dan pujian. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tiada daya dan kekuatan, kecuali pada Allah. Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar”

Niscaya diampuni dosa-dosa, meskipun dosa-dosanya itu seperti buih di lautan”

(HR. Ibnu Hibbaan no. 5528 dan Ibnus Sunny Dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 722, hadiits dari Abu Hurairah Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no. 607 dan Silsilah ash-Shahiihah no. 3414)

Adapun doa merupakan bentuk ibadah. Allah ta’ala berfirman,

”وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ”

Artinya: “Rabb kalian berkata, “Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Kukabulkan. Sesungguhnya orang-orang yang sombong (enggan) beribadah kepada-Ku; niscaya mereka akan masuk ke dalam neraka dengan hina dina”. (QS. Ghafir ayat 60)

Dalam sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,

”الدُّعَاءُ هُوَ العِبَادَةُ”

“Doa adalah ibadah”. HR. Tirmidzy dari an-Nu’man bin Basyir radhiyallahu’anhu. Hadits ini dinilai hasan sahih oleh Tirmidzy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *