Israel Halangi Masuknya Tim Medis untuk Vaksinasi Polio

0

Pemberian vaksin polio di Gaza dimulai 1 September dok.thenational

GAZA — Israel menolak mengoordinasikan masuknya tim medis untuk vaksinasi polio di sebelah timur Khan Younis di Jalur Gaza selatan. Hal ini disampaikan Kementerian Kesehatan di daerah kantong itu pada Kamis (5/6/2024).

“Daerah ini berisi persentase besar dari kelompok sasaran anak-anak,” sebut kementerian dalam sebuah pernyataan, dilansir dari laman Anadolu Agency.

Kementerian mengimbau lembaga-lembaga terkait untuk segera campur tangan guna memastikan keberhasilan kampanye vaksinasi dengan menjangkau semua anak di mana pun mereka berada. Fase kedua kampanye vaksinasi polio untuk anak-anak Palestina di Gaza selatan dimulai pada Kamis.

Lebih dari 189.000 anak divaksinasi pada fase pertama kampanye di Gaza tengah. “Kami memulai hari ini fase kedua kampanye vaksinasi polio di kota Khan Younis,” kata Dr. Abdul Hadi Seyam.

“Kampanye ini menargetkan anak-anak di bawah usia sepuluh tahun, dan ada minat yang signifikan dari para orang tua untuk memvaksinasi anak-anak mereka terhadap penyakit serius ini,” lanjut Seyam.

Ia lebih lanjut mencatat bahwa tim medis bekerja dengan semua kemampuan mereka untuk memvaksinasi sebanyak mungkin anak-anak di jalur tersebut.

Adapun Israel telah melanjutkan serangan brutalnya di Jalur Gaza semenjak serangan Hamas pada 7 Oktober, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Menurut otoritas kesehatan setempat, lebih dari 40.800 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, telah wafat semenjak saat itu dan hampir 94.300 lainnya terluka. Blokade yang terus berlanjut di daerah kantong tersebut telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah, yang menyebabkan sebagian besar wilayah tersebut hancur.

Di samping itu Israel menghadapi tuduhan genosida atas tindakannya di Gaza di Mahkamah Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *