Pesawat Jet B737 dapat Mendarat di Bandara IKN pada September

0

Peninjauan Bandara IKN dok.dephub

JAKARTA — Uji landasan pacu (runway) Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) berhasil dilakukan pada Ahad (25/8/2024). Ditargetkan pada September mulai dapat dilalui pesawat jet B737.

“Hari ini walaupun dengan kondisi gerimis, kita bisa capai 1.025 meter yang targetnya nanti awal September menjadi 2.200 meter sehingga bisa didarati pesawat jet B737,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dikutip dari laman Dephub.

Prosesi uji coba lepas landas dan pendaratan yang dilakukan menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air tipe 200 PK CAO, berjalan mulus dan lancar. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Basuki menyaksikan langsung proses uji coba tersebut.

“Yang kita lakukan sekarang semacam proving flight karena yang dibuat tidak hanya runway, tetapi jalur-jalur udaranya. Semua sudah didesain supaya tidak konflik dengan bandara di Balikpapan dan Samarinda. Jadi nanti pada saat digunakan dengan frekuensi padat, di ruang udara sudah tidak terjadi konflik,” kata Budi.

Adapun Proving flight merupakan proses uji operasional yang dilakukan untuk memastikan kesiapan terbang di rute penerbangan baru. Setelah uji coba ini, akan dilanjutkan sejumlah assessment lainnya terkait keselamatan dan keamanan penerbangan.

Basuki mengatakan, saat ini pembangunan runway Bandara IKN telah mencapai panjang 1.025 x 30 meter. Turut hadir pada kegiatan ini Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, Sekretaris Direktur Jenderal Perhubungan Udara Lukman F. Laisa, serta jajaran Kemenhub, Kementerian PUPR, dan pihak konstruksi lainnya

Sementara sebelumnya Budi Karya telah meninjau proyek pembangunan Bandara IKN pada Juni 2024 lalu. Pada saat itu Budi Karya memastikan bandara IKN selesai pada 1 Agustus 2024.

“Ini merupakan kali kedua saya berkunjung ke proyek bandara IKN pada bulan Juni 2024. Saya benar-benar ingin memastikan bahwa bandara ini dapat beroperasi pada 1 Agustus 2024, guna mendukung konektivitas di wilayah IKN, khususnya dalam rangka menyukseskan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Menhub.

Dia menjelaskan, saat ini landas pacu Bandara IKN sudah memasuki tahap pengaspalan lapisan pertama, sehingga pada 1 Agustus 2024 nanti sudah bisa didarati oleh pesawat narrow body. “Namun demikian, Bandara IKN nantinya juga bisa didarati oleh pesawat berbadan besar, seiring dengan penambahan lapisan yang akan dilakukan pada tahap berikutnya,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *