Ada Apa Dibalik Instagram Diblokir di Turki?

0

Penggunaan Instagram dok.slashgear

ANKARA — Menurut otoritas telekomunikasi Turki, aplikasi jejaring sosial Instagram telah diblokir di Turki pada Jumat (2/8/2024).

“Instagram telah diblokir berdasarkan keputusan pada tanggal 02/08/2024,” sebut otoritas komunikasi di Turki, BTK, mengunggah di situs webnya, dilansir dari laman thenational.

BTK menyampaikan informasi terkait pemblokiran Instagram, tanpa penjelasan lebih lanjut, atau kabar tentang berapa lama platform tersebut akan diblokir.

Di samping itu, langkah tersebut dilakukan beberapa hari setelah kepala Direktorat Komunikasi Turki, Fahrettin Altun, menuduh Instagram memblokir unggahan yang berisi ucapan belasungkawa kepada kepala Hamas Ismail Haniyeh. Pemimpin Hamas tersebut telah wafat dalam pembunuhan di Teheran pada pekan ini.

“Ini adalah upaya penyensoran yang sangat jelas dan nyata,” tulisnya melalui X.

“Kami akan terus membela kebebasan berekspresi terhadap platform-platform ini, yang telah berulang kali menunjukkan bahwa mereka melayani sistem eksploitasi dan ketidakadilan global. Kami akan mendukung saudara-saudara Palestina kami di setiap kesempatan dan di setiap platform,” lanjut Altun.

Kendati demikian masih belum jelas apakah unggahan atau sentimen tertentu itu merupakan motivasi dibalik pemblokiran Instagram oleh regulator Turki.

Pembatasan Instagram oleh Turki, pertama kali ditandai oleh organisasi internet, NetBlocks. “Metrik langsung menunjukkan platform berbagi foto dan video Instagram telah dibatasi di Turki,” sebut NetBlocks.

“Larangan yang diterapkan oleh Otoritas Teknologi Informasi dan Komunikasi mengikuti perintah pengadilan yang dikeluarkan pagi ini untuk mencegah akses ke aplikasi sosial Meta yang populer,” lanjut NetBlocks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *