Arab Saudi-Yordania Kirim Bantuan Lewat Udara untuk Gaza

0

dok.saudigazette

GAZA — Pengawas Umum Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSrelief), Abdullah Al Rabeeah, mengumumkan pada Sabtu (6/7/2024) bahwa Arab Saudi, bekerja sama dengan Organisasi Amal Hashemite Yordania (JHCO) dan Angkatan Bersenjata Hashemite Yordania (Tentara Arab), telah melakukan pengiriman bantuan pangan melalui udara (airdrop) ke Jalur Gaza.

Melansir laman Saudi Gazatte, Operasi tersebut bertujuan untuk menghindari penutupan perlintasan perbatasan oleh pasukan pendudukan Israel. Sebelumnya Israel telah memblokir masuknya bantuan kemanusiaan kepada penduduk yang terkena dampak di Gaza.

Dr Al Rabeeah menyatakan bahwa Arab Saudi, melalui KSrelief, memberikan Yordania parasut dan jaringan khusus untuk airdrop, berjumlah 30 ton, untuk memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza. Persediaan makanan yang dijatuhkan layak untuk dikonsumsi langsung tanpa perlu pemanasan.

Al Rabeeah menekankan komitmen berkelanjutan Arab Saudi terhadap upaya kemanusiaan di Gaza. Selain itu juga dukungannya terhadap rakyat Palestina, di bawah kepemimpinan Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman bin Abdulaziz, dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS).

Ia menyerukan pembukaan penyeberangan perbatasan untuk memfasilitasi pengiriman bantuan kemanusiaan kepada mereka yang membutuhkan. Hal ini terlepas dari tantangan yang ditimbulkan oleh penutupan penyeberangan darat dan laut.

Pengawas Jenderal KSrelief mencatat bahwa Arab Saudi telah meluncurkan kampanye donasi, yang diarahkan oleh Penjaga Dua Masjid Suci dan Putra Mahkota, untuk mendukung penduduk Palestina yang rentan di Gaza. Hingga saat ini, kampanye tersebut telah mengumpulkan lebih dari 184 juta dolar. Selain itu, Arab Saudi juga telah mengoperasikan jembatan udara yang terdiri dari 54 pesawat dan jembatan laut yang terdiri dari delapan kapal yang masih beroperasi.

Dr Al Rabeeah menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah Arab Saudi, yang dipimpin oleh Penjaga Dua Masjid Suci dan Putra Mahkota. Ucapan disampaikan atas bantuan kemanusiaan dan berkualitas tinggi, yang mendukung upaya internasional serta meringankan penderitaan rakyat Palestina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *