Daging Dam Jamaah akan Dikirim ke Indonesia

0

dok.kemenag

JAKARTA — Tahun ini, rencananya terdapat sebagian daging dam petugas dan jamaah haji Indonesia yang akan dikirim ke indonesia. Menurut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, hal ini merupakan terobosan yang perlu ditindaklanjuti pada masa yang akan datang.

“Kami tadi sudah mendiskusikan bermacam hal yang berkaitan dengan rencana mengirimkan daging kurban jemaah haji Indonesia. Tahun ini kita belum mengirimkan secara besar-besaran, karena masih dalam proses trial,” kata Muhadjir, dikutip dari laman resmi Kementerian Agama. 

Muhadjir Effendy juga mengungkapkan pihaknya bersama stakeholder terkait telah memeriksa kesiapan daging dam yang akan dikirimkan ke Indonesia. “Dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) juga sudah ada di sini untuk memastikan proses mulai dari penyembelihan, termasuk pengadaan kambing sampai selanjutnya jadi daging matang yang siap dikirim ke Indonesia, itu sudah dipastikan aman sesuai dengan standar,” kata Muhadjir.

Sementara Direktur Bina Haji Arsad Hidayat mengungkapkan, pada tahun ini tercatat baru ada sekitar 6.500 petugas dan jamaah yang menyalurkan dam pada Rumah Potong Hewan (RPH) yang direkomendasikan pemerintah. Selanjutnya sebanyak 4.500 ekor kambing disembelih dan disalurkan dagingnya di tanah suci, sementara 2.000 lainnya dagingnya akan disalurkan ke tanah air.

“Dari dua ribu kambing tersebut selanjutnya akan di-packaging dengan cara retorch. Satu ekor kambing di-packing menjadi empat pak. Jadi total akan ada delapan ribu pak daging yang akan dikirimkan ke Indonesia. Masing-masing pak berisi 2,5 kilogram daging,” kata Arsad.

“Kita berharap tahun depan angka ini dapat meningkat signifikan, sehingga bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat di Indonesia juga,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *